Welcome to My World

Terima kasih buat kawan - kawan sekalian yang sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi Blog ku.
Semoga ada sisi baik nya yang bisa diambil dari sini.

Kamis, 27 November 2008

Bidadari - Bidadari Surga, Tere Liye

What can I say about this book......
One of the most touchable book that I've ever read.


Cerita yang tersaji dari novel terbarunya Tere Liye ini, membuatku banyak bercermin pada kehidupan ku sendiri. Kehidupan tokoh utama yang bernama Laisa tidak jauh berbeda dengan ku. Sebagai anak pertama di sebuah keluarga yang tidak bisa dikatakan berkecukupan, telah ditinggal sang kepala keluarga di usia yang masih belia, harus turut serta menanggung biaya kehidupan sehari-hari dan terus mendorong semangat keempat adik2nya untuk terus bekerja keras dan melanjutkan sekolah setinggi-tingginya. Bedanya, aku hanya memiliki tiga orang adik dan tidak harus ikut menanggung semua kebutuhan keluarga. Mamak Lainuri (Ibunda Laisa) adalah seorang petani sawah tadah hujan, yang penghasilannya tidak menentu. Sedangkan Ibuku adalah seorang Guru PNS yang mempunyai penghasilan tetap di tiap bulannya. Babak sang kepala keluarga di keluarga ini meninggal setelah diterkam oleh harimau gunung, sedangkan Bapakku meninggal dikarenakan sakit.

Untuk kelangsungan hidup dan sekolah keempat adik2nya, Laisa terpaksa berhenti sekolah dan mengubur cita2nya sendiri. Tidak denganku, aku tetap bisa bersekolah bahkan sampai ke perguruan tinggi dan adik2ku pun tetap bisa bersekolah sama seperti aku.


Disini juga digambarkan bahwa sosok seorang "bidadari" tidak harus selalu ditampilkan dengan fisik yang menarik. Laisa yang penampilan fisiknya jauh dari kata sempurna, dapat menjadi "bidadari" bagi keempat adik2nya. Dalimunte yang penurut yang akhirnya menjelma menjadi seorang Ilmuwan hebat, Ikanuri dan Wibisana yang bandel berhasil menjadi pelaku bisnis yang sukses dan si bungsu Yashinta dapat mewujudkan cita-citanya untuk menjadi seorang peneliti yang mendapatkan beasiswa S.2 hingga ke negeri Belanda.

Perjuangan Laisa untuk mengantarkan adik2nya meraih pendidikan tinggi dan ikhlas untuk tidak menikah, diceritakan secara apik dan menyentuh oleh Tere Liye.

Semoga dengan hadirnya novel ini, bisa mengubah cara pandang kita bahwa untuk menjadi seorang "bidadari" tidak harus selalu memikirkan penampilan fisik, tetapi dengan keindahan akhlak dan keikhlasan hati, kitapun dapat menjelma menjadi "bidadari" bagi orang yang berada disekeliling kita. Amin ya Rabbal Alamin.........

Tidak ada komentar:

Maliq & D Essentials

Maliq & D'Essentials ~ Pilihanku

Get more songs & code at www.stafaband.info