Welcome to My World

Terima kasih buat kawan - kawan sekalian yang sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi Blog ku.
Semoga ada sisi baik nya yang bisa diambil dari sini.

Selasa, 25 November 2008

Yang Muda Yang Menginspirasi (Anies Baswedan)

Rektor Universitas Paramadina ini merupakan salah satu dari 100 tokoh intelektual versi Majalah Foreign Policy.

Dari acara pagi Jakarta yang di tayangkan di O Channel baru-baru ini, dengan menghadirkan sosok Anies Baswedan sebagai bintang tamu, banyak hal hal positif yang bisa diambil dari Rektor Termuda di Indonesia ini. Dari perbincangan ini juga diketahui bahwa beliau menggagas satu mata kuliah baru dengan judul Anti Korupsi. Mata Kuliah ini wajib diambil oleh setiap mahasiswa Paramadina dan visi dari mata kuliah ini adalah untuk menghilangkan supply koruptor di masa depan. Andaikan setiap universitas atau sekolah tinggi yang ada di Indonesia dapat menerapkan hal yang sama, bukan tidak mungkin, negara kita akan terbebas dari praktek korupsi di beberapa tahun kedepan.

Juga di Universitas Paramadina setiap mahasiswa akan mendapatkan 2 track penilaian:
1. Transkrip Nilai dari semua mata kuliah yang telah diambil
2. Transkrip Nilai dari training2 Soft Skill
Ini dibuat untuk menopang kepercayaan diri mahasiswa dalam menyongsong masa depan mereka selepas bangku kuliah. Dari sini mahasiswa diarahkan tidak untuk membuat CV, tetapi untuk membuat bisnis atau project proposal. Dengan kata lain setelah lulus dari bangku kuliah, mahasiswa tidak hanya berfikir untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, tetapi memikirkan bagaimana caranya membuka suatu lapangan pekerjaan dan tentunya ini akan membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran yang terus bertambah setiap tahunnya.


Beliau juga berpendapat anak2 muda di Indonesia ini cenderung berpikiran pesimis, oleh karena itu kenapa kita selalu tertinggal dari negara2 tetangga. Hal ini dikarenakan lingkungan yg telah terbentuk sedemikian rupa sehingga bila kita Kritis terhadap sesuatu hal, kita akan dibilang Pesimis. Di sisi lain jika kita bersikap optimis maka kita akan di bilang mendukung pemerintah.


Jadi mulai saat ini marilah kita ubah cara berfikir kita. Misal kita di bilang tertinggal dalam hal pendidikan dari negara tetangga Malaysia atau Singapore, maka kita jangan berfikir ketertinggalannya, mari kita berfikir dengan cara lain. Sebagai contoh, 10% mahasiswa dalam satu kelas lulus dengan predikat Cum Laude, maka jika digabungkan seluruh mahasiswa di Indonesia yang Cum Laude tadi jumlahnya akan lebih banyak dibanding dengan jumlah seluruh Mahasiswa yang ada di malaysia atau di Singapore. Dari sini kita terlihat lebih maju bukan????


Beliau berpendapat, untuk membentuk sifat optimis pada anak-anak dimulai dari lingkungan rumah, orang tua adalah guru utama. Maka untuk menjadi orang yang optimis, lakukanlah dengan cara selalu berbicara yang optimis dan sifat optimis ini bisa menular. Anak-anak muda Indonesia saat ini sudah siap untuk optimis. Sebagai contoh, Laskar Pelangi yang menulis novel dan membuat filmnya adalah anak2 muda, dan dari sini banyak orang yang terinspirasi untuk bersikap lebih optimis dalam menghadapi hidup.


Mulai sekarang mari kita memulai hari dengan perasaan optimis, maka Insya Allah kita akan mendapatkan hasil positif dari apa yang telah kita kerjakan di sepanjang harinya.

Tidak ada komentar:

Maliq & D Essentials

Maliq & D'Essentials ~ Pilihanku

Get more songs & code at www.stafaband.info