Welcome to My World

Terima kasih buat kawan - kawan sekalian yang sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi Blog ku.
Semoga ada sisi baik nya yang bisa diambil dari sini.

Jumat, 26 September 2008

Akhirnya Nonton juga Laskar Pelangi The Movie


Kalo Kata Uci temenku, pecah sudah satu bisul ;p

Kemaren tanggal 25 September, tepat di hari pertama pemutaran film Laskar Pelangi di seluruh Indonesia, Aku, Mba Renny and Lusi pergi nonton sepulang dari kantor. Tadinya kita mo nonton di XXI Kelapa Gading, begitu mo nyari tempat duduk, yang tersisa cuma 2 baris terdepan. Wah..... daripada leher sakit n mata berair, di putusin kita switch lokasi nonton di La Piazza yg waktu mainnya 45 menit lebih lama di banding di XXI.

Sebelum masuk studio, aku udah liat sekumpulan ABG2, yang aku pastiin mereka adalah para pemburu Film Laskar Pelangi juga, sama seperti aku ;p

Film dimulai dengan menampilan Tokoh Ikal Dewasa yang diperankan oleh Lukman Sardi yang sedang berada di dalam bus berwarna biru. Di ceritakan Ikal sedang dalam perjalanan pulang kampung setelah sekian lama meninggalkannya. Tidak lama kemudian muncul anak2 kecil yg sumringah menyambut hari pertama untuk masuk sekolah dan ada seorang Ibu Guru Muda dan seorang lelaki separuh baya, dialah Ibu Muslimah dan Bapak Harfan. Tampak raut muka cemas pada kedua guru tersebut karena quota minimal 10 murid yang ditetapkan Depdiknas Sumsel untuk kelangsungan sekolah tersebut belum terpenuhi. Baru terdapat 9 murid yang sudah mendaftar, tepat jam 11 Pak Harfan sudah menyiapkan pidato untuk menyampaikan kabar buruk ini bahwa sekolah tidak dapat diselenggarakan. Namun Bu Muslimah tidak bisa menerima kenyataan ini dan dia pun keluar kelas untuk mencari satu orang murid lagi. Ditengah kepanikan tersebut, Ikal kecil berteriak memanggil Harun yang sedang berlari menuju ke sekolah, dan akhirnya SD Muhammadiyah Gantong pun tidak jadi ditutup.

Dimulailah kisah perjuangan 10 murid terakhir dari SD Muhammadiyah ini untuk mendapatkan pendidikan, mereka adalah Ikal, Lintang, Mahar, Syahdan, Kucai, Trapani, Borek, A Kiong, Harun dan Sahara yang di perankan oleh anak2 asli pulau Belitong tempat setting keseluruhan dari cerita film ini. Dilengkapi dua anak lagi yang memerankan tokoh A Ling dan Flo.

Akting yang natural dari ke 12 anak ini merupakan kekuatan tersendiri pada film ini. Lihatlah akting Verrys Yamarno yang memerankan Mahar sang Seniman, benar2 hebat. Terutama pada saat dia menyanyikan lagu Seroja untuk menghibur hati Ikal yang sedang patah hati karena ditinggal A Ling pergi. Adegan ini adalah adegan yang paling kutunggu2 dan ini sesuai dengan ekspektasiku. Karakter Lintang yang dewasa dan haus akan ilmu di perankan dengan apik oleh Ferdian. Tentunya Zulfanny yang berperan sebagai Ikal benar2 dapat mewakili karakter melankolisnya.

Secara keseluruhan film ini dapat menyampaikan pesannya akan arti penting pendidikan bagi setiap anak. Pendidikan bukan hanya hak orang2 berduit.
Semoga film ini dapat "menyentil" para pembuat kebijakan pendidikan di negeri ini, bahwa masih banyak anak2 di desa terpencil yang berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan siapa tau diantara anak-anak itulah nantinya akan muncul tokoh2 besar yang bisa membawa perubahan yang baik bagi kelangsungan bangsa Indonesia tercinta ini.

2 komentar:

pojokjambi mengatakan...

yang jelas semua orang yang pernah membaca atau menonton laskar pelangi merasa berdosa...
karena setelah membaca atau menonton laskar pelangi semua orang terketuk hatinya dan bersimpati kepada kepada para laskar pelanginya bu muslimah...

oya nanti kalo udah ada buku maryamah karprov dedi boleh minjem kan?... hehehehe....

Toke Kawe mengatakan...

betul banget....

Akupun merasa tertampar setelah membaca dan menonton laskar pelangi. Aku yg notabene lulusan pendidikan guru, malah sekarang kerja di bidang lain. Tapi one day aku pasti jadi guru, krn ada rasa rindu untuk mengajar kembali.

Maryamah Karpov, katanya siy bakal keluar pertengahan November nanti. Mau pinjem ??? boleh......
Tapi gimana caranya ????

Maliq & D Essentials

Maliq & D'Essentials ~ Pilihanku

Get more songs & code at www.stafaband.info