Welcome to My World

Terima kasih buat kawan - kawan sekalian yang sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi Blog ku.
Semoga ada sisi baik nya yang bisa diambil dari sini.

Minggu, 14 September 2008

Buku: Laskar Pelangi The Phenomenon, Asrori S. Karni


Buku ini memberikan gambaran terhadap dampak-dampak yang telah ditularkan oleh novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Mulai dari pernyataan bangga dari para guru akan profesi mereka, pernyataan berhenti memakai narkoba dari beberapa pengguna sampai dengan aksi "gila" dari beberapa penggemar.

Diawali dengan kesaksian kucai dan mahar mengenai aksi "gila" Andrea Hirata dalam melakukan riset guna penulisan novel tersebut, seperti Andrea pernah ingin bertemu dengan hantu, oleh karena itu dia pernah mendatangi kuburan pada pukul 1.00 ~ 2.00 dini hari, rupanya Andrea ingin merasakan sensasi ketakutan yang luar biasa. Juga, Andrea pernah mengajak temannya pergi ke Tanjung Pandan dari Gantong yang jaraknya seratusan km mengendarai sepeda motor dengan kondisi bensin yang diisi setengah pada malam hari, tentu saja baru setengah perjalanan bensin habis, rupanya Andrea ingin merasakan bagaimana rasanya mendorong motor di malam hari.

Diceritakan juga bagaimana pertemuan pertama Andrea dengan Bu Muslimah setelah 20 tahun dan dia menuturkan ingin menulis sebuah buku ttg pengalaman mereka bersekolah di SD Muhammadiyah. Sewaktu Andrea menjadi sukarelawan bencana tsunami di Aceh, dia teringat akan sosok Bu Muslimah setelah melihat rumah Cut Nyak Dien yang masih berdiri kokoh setelah diterjang bencana tsunami, sementara bangunan2 disekitarnya telah hancur tak berbentuk lagi. Disana dia menyamakan Bu Mus dengan sosok seorang Cut Nyak Dien.

Dibahas pula bagaimana pola pengajaran yang diterapkan Bu Muslimah terhadap anggota Laskar Pelangi. Pola pengajaran Inklusi telah diterapkan Bu Mus jauh sebelum para pakar pendidikan melakukan berbagai riset ttg hal ini. Sistem pengajaran yang tidak membeda-bedakan peserta didik ini dinilai berhasil untuk anak-anak yang mempunyai "keistimewaan". Contohnya Harun, meskipun dia tidak dapat mengikuti pelajaran yang diberikan, tapi dia menunjukkan kemajuan pada sikap dan perilaku nya. Anak-anak yang seperti ini harus terus dilibatkan dalam pengajaran, diberi pertanyaan dan reward pujian atas jawabannya, walaupun jawaban tersebut bukanlah jawaban yang benar, karena ini akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi terhadap anak tersebut dan dia dapat membaur di dalam lingkungan pergaulannya, tidak merasa "dibedakan".

Di bagian akhir buku ini, kita disuguhkan 2 cerita dari para penggemar berat Laskar Pelangi.
Yang pertama cerita dari seorang cewek asal Jawa Timur yang meminta mas kawin buku Endensor yang ditandatangani asli oleh Andrea Hirata. Bagaimana sepak terjang mendapatkan tanda tangan tersebut dibahas habis disini.
Yang kedua, kenekatan seorang cewek asal pontianak untuk berkunjung ke Belitong dengan menjual komputernya sebagai modal perjalanan.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wah kayaknya bugus nih buku...
pengen beliii....
thx ya wid bt infonya...

Toke Kawe mengatakan...

Memang bagus kok ni..... :-)

Maliq & D Essentials

Maliq & D'Essentials ~ Pilihanku

Get more songs & code at www.stafaband.info