Welcome to My World

Terima kasih buat kawan - kawan sekalian yang sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi Blog ku.
Semoga ada sisi baik nya yang bisa diambil dari sini.

Rabu, 14 Oktober 2009

Makanan Wajib Saat Lebaran Idul Fitry

Setelah satu bulan berpuasa selama Ramadhan, Idul Fitry adalah saat saat yang paling di nantikan oleh jutaan umat muslim di seluruh dunia. Di moment ini, kaum urban yg mengais rejeki di Ibu kota beramai ramai pulang ke kampung halaman hanya untuk sekedar merayakan hari yang suci ini bersama-sama sanak keluarga.

Tak terkecuali aku yang sudah 5 tahun terakhir ini selalu melaksanakan ritual mudik/pulang kampung setiap hari raya Idul Fitry. Entah dari mana tradisi mudik ini bermula, tapi yang pasti untuk moment hari raya apapun dan di belahan dunia manapun, tradisi mudik ini pasti ada. Idul Fitry di Indonesia, Imlek di China dan Diwali di India.

Berbicara tentang hari raya, tentu saja tidak terlepas dari menu menu khas yang selalu tersaji. Di rumahku ada beberapa makanan yang menjadi menu wajib di setiap Idul Fitry.

Pempek
Sebagai orang Palembang, makanan yang satu ini sepertinya menjadi menu wajib di setiap rumah. Anehnya, walaupun di rumah sendiri sudah tersedia, pada saat kita berkunjung ke rumah saudara dan tetangga, kita pun akan tetap menanyakan pempek. Padahal rasanya tetap sama. Jadi jangan heran, jika di kota2 lain para Ibu rumah tangga ribut karena harga daging dan ayam yang di tinggi, di Palembang orang2 akan ribut karena harga daging ikan yang sudah di haluskan melonjak secara signifikan. Terutama Ikan Gabus dan Ikan Tenggiri, karena ini merupakan bahan utama pembuatan Pempek.

Es Melon
Menu ini pertama kali aku coba sewaktu acara buka puasa bersama di rumah temanku semasa kelas 2 SMA dulu. Karena pada dasarnya aku memang suka Melon, jadi untuk hidangan di hari raya kenapa tidak aku juga coba sajikan yang berbau Melon. Pembuatannya cukup mudah, ini aku bagi2 resepnya untuk kawan2 coba:
1. Buah Melon, keruk daging buahnya dengan menggunakan sendok.
2. Biji Selasih, di rendam dengan air hangat.
3. Sirup rasa Melon
4. Es Batu
Campur semua bahan menjadi satu dan Es Melon pun siap di hidangkan......

Kurma Goreng Keju
Menu ini baru 3 tahun terakhir menghuni meja makan rumahku di palembang pada saat hari raya tiba. Aku mendapati resep ini dari nenekku sewaktu aku tinggal bersama beliau. Sederhana cara pembuatannya, tapi jangan tanya rasanya, sangat istimewa. Ini menjadi menu favorit adek ku yg nomor dua dan selalu di pertanyakan oleh para tamu ketika bersilahturahmi kerumahku.
Aku juga akan berbagi resepnya disini:
1. Kulit lumpia yang siap pakai
2. Buah Kurma, buang Bijinya
3. Keju Cheddar, di parut
4. Minyak goreng.
Isi buah kurma yg telah dibuang bijinya dengan keju parut kemudian bungkus dengan kulit lumpia. Goreng dengan api kecil, angkat begitu sudah terlihat kecoklatan. Kurma Goreng Keju pun siap dinikmati....

Selamat Mencoba :)

2 komentar:

Elsa mengatakan...

waaaah kepingin es melonnya!!! apalagi panas panas gini. kayaknya seger banget yaaa

Widya mengatakan...

Elsa: Thanks atas kunjungannya :)
Monggo...silahkan dicoba buat Es melon nya ;)

Maliq & D Essentials

Maliq & D'Essentials ~ Pilihanku

Get more songs & code at www.stafaband.info