Welcome to My World

Terima kasih buat kawan - kawan sekalian yang sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi Blog ku.
Semoga ada sisi baik nya yang bisa diambil dari sini.

Jumat, 13 Juni 2008

Generasi Muda Pengharum Nama Bangsa

13.06.2008

YANG MUDA YANG MENDUNIA

Itulah tema yang diangkat pada acara Kick Andy di Metro TV semalam.
Disana ditampilkan beberapa anak yang berprestasi di beberapa bidang. Ada peraih Medali Emas pada Olimpiade Fisika Dunia, ada peraih medali Perunggu Olimpiade Matematika Dunia, peraih medali perak pada olimpiade proyek lingkungan sampai Grand Master Catur Nasional.

Sepanjang menonton acara tersebut tak henti hanti nya aku mengucap Subhanallah. Di tengah gonjang ganjing masalah pendidikan yang sistemnya selalu berubah, ada beberapa anak yang terus maju mengharumkan nama Bangsa di tingkat Internasional.

Tetapi sepanjang apa yang aku amati, nama anak-anak tersebut tidak terlalu di kenal oleh masyarakat kita. Orang-orang lebih mengenal nama-nama pemenang Indonesian Idol, AFI, Mamamia, KDI dan banyak lagi acara-acara serupa yang sangat menyedot perhatian masyarakat pada saat ini.

Coba kita tanya ke anak-anak sekolah sekarang, apakah mereka mengenal:

1. Adrienne T Sulistyo dan Vici R Tedja, peraih medali perak Olimpiade Proyek Lingkungan di Azerbaijan pada 1-6 April 2008 lalu.

2. Terrenz Kelly Tjong dan Lynn Kaat Kurniawan, sebagai pasangan ilmuwan muda di ajang The 15th International Conference of Young Scientists, di Chernivtsi, Ukraina, 18-23 April 2008 lalu.

3. Kevin Winata, Thomas A Nugraha Budi dan Tyas Kokasih, peraih medali emas, perak dan perunggu pada ajang Olimpiade Fisika Internasional di Mongolia pada 20-28 April lalu.

4. Nanang, finalis olimpiade matematika di Yunani pada 2004 dan peraih perunggu di olimpiade matematika Bulgaria tahun 2005.

5. Zefrizal Nanda Mardani, peraih penghargaan tertinggi Olimpiade Astronomi Internasional di Ukraina pada Oktober 2007 lalu.

6. Farid Firmansyah dan Masruri Rahmat, juara 1 kelompok usia 15 tahun dan juara 3 kelompok usia 11 tahun di Kejuaraan Dunia Catur Pelajar ke-3 di Yunani pada 28 April-5 Mei 2007.

Aku yakin, tidak banyak yang mengenal mereka. Padahal, inilah Idol sesungguhnya menurutku. Meraka adalah anak-anak yang berprestasi, yang membawa harum nama bangsa.

Dan juga yang membuatku prihatin, sepertinya dari pihak pemerintah tidak terlalu memperhatikan masa depan anak-anak tersebut. Aku tidak melihat adanya pesta penyambutan meriah terhadap jagoan-jagoan di bidang science pada saat mereka pulang dari kejuaraan-kejuaraan dunia tersebut. Seperti layaknya penyambutan terhadap olahragawan atau artis-artis yg pulang dari berbagai perlombaan. Kenapa pemerintah tidak bisa memperlakukan hal yang sama terhadap anak-anak Jenius tersebut.

Bisa dibayangkan jika anak-anak ini yang kelak nantinya duduk di kursi pemerintahan, bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi seperti Jepang, Jerman, Cina yang maju di bidang IPTEK. Menurutku anak-anak ini seharusnya di fasilitasi untuk dapat terus berkembang, menerapkan ilmu-ilmu yang mereka dapat untuk kemajuan umat, bukannya sebagai fasilitas bagi beberapa orang atau kelompok tertentu.

Aku berharap mudah-mudahan akan ada perubahan pola pikir bagi kita untuk lebih mengidolakan anak-anak yang berprestasi seperti ini dan juga mendorong anak-anak muda di sekitar kita untuk mengikuti jejak mereka.

3 komentar:

Loo_Chie mengatakan...

wid getol bener dah 2 crita kau libas.

Ga tanggung-tanggung lg panjang beneeer.....

Mari kita bersama-sama memotivasi diri sendiri untuk membuat blog yg baik dan benar....

Uhuy...^0^

Toke Kawe mengatakan...

Yoi Cy....

Maklum baru punya blog, jadi masih semangat posting ;p

Moga2 aja nggak cuma sekarang semangatnya, tapi seterusnya ^_^

Just INDAH REPHI mengatakan...

wah, blognya motivatif banget nih ^_^ cuman masalahnya, orang indonesia kurang menghargai ilmu. alih2 urusan perut, kemiskinan lebih jadi penghambat dari pada pendidikan itu sendiri :)
terus semangat bikin blog ya... ^_^

Maliq & D Essentials

Maliq & D'Essentials ~ Pilihanku

Get more songs & code at www.stafaband.info