Welcome to My World

Terima kasih buat kawan - kawan sekalian yang sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi Blog ku.
Semoga ada sisi baik nya yang bisa diambil dari sini.

Sabtu, 23 Agustus 2008

Buku: City of Joy, Dominique Lapierre

Cerita yang terdapat di dalam buku ini merupakan kisah nyata yang terjadi di salah satu bagian di Calcutta, India. Nama-nama tokoh yang ada merupakan hasil rekaan penulis, tetapi apa yang terjadi benar adanya.

Membaca tulisan yang ada, aku seperti bercermin dengan keadaan negara kita sendiri. Kemiskinan yang merajalela, perkampungan kumuh di kota besar, petani yang hijrah dr desa ke kota dengan mengharapkan penghidupan yang lebih baik, birokrasi yang susah, susahnya mendapatkan pekerjaan yang layak, dan kasus suap disana sini.

Cerita bermula dari kehidupan keluarga petani Hasari Pal yang mencoba mengadu nasib ke Calcutta dan juga seorang Pendeta Polandia yang bernama Steven Kovalski, yang berhasrat ingin ikut merasakan penderitaan warga "Negeri Bahagia" dengan cara memohon kepada pemerintah India untuk mengabulkan keinginannya menjadi Warga Negara India. Sebenarnya ada banyak tokoh yang di ceritakan di dalam buku ini, dan masing2 mereka menggambarkan orang2 yang kuat dan tidak mudah menyerah.

Diceritakan betapa susahnya Hasari Pal mendapatkan pekerjaan yang layak di Calcutta dan hingga akhirnya dia mendapatkan pekerjaan yg tidak bisa di katakan layak yaitu sebagai penarik ANGKONG. Untuk mendapatkan pekerjaan ini Hasari harus menyuap polisi2 jalanan setiap hari, krn dia tidak memiliki ijin resmi dari pemerintah untuk menarik angkong. Belum lagi menyuap kaki tangan pemilik angkong agar bisa mendapatkan sebuah angkong. Pekerjaan ini telah banyak memakan korban, penyebab utamanya adalah batuk merah. Digambarkan juga, untuk mendapatkan satu petak untuk tinggal di perkampungan kumuh, Hasari diharuskan membayar harga sewa yang tinggi setiap bulan kepada Sang Godfather.

Begitu juga dengan Steven Kovalski, digambarkan betapa susahnya untuk mendapatkan visa tinggal di Calcutta dalam waktu lama, dan mengurus itupun di perlukan waktu yang lama. Berkat kesabaran dan kegigihannya, Kovalski dapat menunjukkan kepada pemerintah India, bahwa tidak ada alasan apapun dibalik keinginannya untuk menjadi warga negara India, selain hanya ingin meringankan kemiskinan warga2 di perkampungan kumuh, akhirnya diapun mendapatkan surat tersebut.

Ada juga tokoh2 sepeti Bunda Teresa, dokter muda Max Loeb dari Amerika dan Bandona yang berjuang untuk menolong para penderita Lepra, TBC dan penyakit lainnya yang rentan menyerang warga perkampungan kumuh.

Di akhir cerita, digambarkan serangan dahsyat Topan yang melanda India yang telah merenggut banyak korban dan meluluhlantakkan perkampungan kumuh Negeri Bahagia. Dengan kejadian ini dan diterbitkannya buku City of Joy, terbukalah mata seluruh dunia dan banyak orang yang bersimpati thd penderitaan kaum miskin di Calcutta. Banyak lembaga dan perorangan yg langsung datang untuk menyaksikan langsung apa yg sudah digambarkan dibuku ini dan memberikan bantuan secara langsung maupun melalui penulis yang akhirnya mendirikan satu yayasan sosial untuk menampung semua bantuan. Buku ini juga telah memberikan pelajaran kepada pemerintah India untuk memperbaiki birokrasinya.

Tidak ada komentar:

Maliq & D Essentials

Maliq & D'Essentials ~ Pilihanku

Get more songs & code at www.stafaband.info