Welcome to My World

Terima kasih buat kawan - kawan sekalian yang sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi Blog ku.
Semoga ada sisi baik nya yang bisa diambil dari sini.

Rabu, 09 Juli 2008

Perjalanan ke Bumi Laskar Pelangi (Part 3)

Di pinggir2 jalan di Belitong, banyak ditemukan danau-danau buatan sisa hasil penambangan timah. Danau2 ini disebut KOLONG oleh penduduk setempat. Kolong2 yang sudah lama, bisa dimanfaatkan untuk tambak Ikan.

Kita sempat foto disalah satu kolong yang ada di belakang kafe tempat kita makan siang (maaf aku lupa nama kafe n nama daerahnya ;p)




Tujuan selanjutnya adalah Manggar, ini merupakan Ibukota dari kabupaten Belitung Timur. Di sini terkenal dengan julukan KOTA SERIBU WARUNG KOPI karena sepanjang pinggir jalanan di kota ini di penuhi oleh warung-warung kopi.

Pengunjung warkop2 ini mayoritas kaum laki-laki, konon katanya mereka betah berlama-lama ditempat ini hanya untuk mengobrol dengan ditemani secangkir kopi. Ini juga katanya kebiasaan orang melayu yang memang doyan ngobrol. Obrolan yang terjadi pun bervariasi, dari mulai masalah politik, gosip, kenaikkan harga barang sampai dengan bermain catur. Semua bisa dilakoni di warung kopi dan kita pun juga ingin merasakan kebiasaan nya orang Melayu dgn duduk sambil ngobrol di warung kopi yang ada di Manggar. Umumnya warkop2 ini hanya menjual minuman, tidak hanya kopi tapi ada juga beberapa pilihan minuman lainnya. Beberapa diantara kita ada yang memesan kopi hitam, kopi susu dan ada pula yang pesan es teh susu.



Ada juga satu cerita lucu sewaktu kita mencoba menikmati kopi di salah satu warkop di Manggar ini. Ada kakek2 yang tiba-tiba datang mendekati meja kita, dia langsung ngomong pake bahasa melayu yg sama sekali kita nggak ngerti. Setelah itu dia melantunkan sholawat dan beberapa ayat pendet, habis itu ngajak salaman. Lama-lama risih juga dan kata si Ibu yang punya warung tuh kakek2 suka megang2, wah langsung deh kita pindah ke bangku lain.......




Ini foto si kakek2 yang ada di warung kopi, dengan background nya Mas Rizal ;p

Tadinya yang dari bersholawat dan baca ayat2 pendek Al-qur'an, eh lama2 omongannya makin kesini makin nggak bener. Mas Agus sang Tour Guide kita yang jadi translator buat kita ^_^

Di postingan berikutnya kita akan Napak Tilas beberapa tempat yang berkaitan dengan apa yang ada di dalam Novel Laskar Pelangi.

Tidak ada komentar:

Maliq & D Essentials

Maliq & D'Essentials ~ Pilihanku

Get more songs & code at www.stafaband.info