Welcome to My World

Terima kasih buat kawan - kawan sekalian yang sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi Blog ku.
Semoga ada sisi baik nya yang bisa diambil dari sini.

Sabtu, 12 Juli 2008

Perjalanan ke Bumi Laskar Pelangi (Part 8)

Hari ketiga di Belitong

Yang berarti hari terakhir dari wisata kita ke BUMI LASKAR PELANGI.

Selesai sholat subuh, sebelum sarapan aku masih pengen menikmati lagi Pantai Tanjung Tinggi. Aku nemuin ayunan di bawah pohon, jadi lah aku menikmati pagi itu sambil memandang ke Pantai dr ayunan kayu.

Klo udah begini, rasanya nggak pengen pulang, pengen nambah lagi waktu liburannya.
Aku nelpon Ibu ku di Palembang n cerita ke beliau klo rasanya kok aku tuh kayak mimpi bisa ada di Belitong sekarang. Klo nggak karena kuasa Allah melalui perantara Bentang Pustaka, aku nggak tau kapan bisa sampai ke sini.

Aku juga cerita ke adekku yg no. 2 (Enggi') klo disini bener2 indah seperti yang pernah dia ceritain, karena dia sudah beberapa kali kesini. Dia juga yang nyaranin bawa memori kamera yang besar n batere yg banyak, karena rugi katanya klo nggak banyak foto2 di Belitong dan itu memang benar sekali teman-teman........

Jam 7 pagi seperti biasa, waktunya kita sarapan untuk terakhir kalinya dalam acara wisata ini.

Nggak taunya Mas Salman n Pak Yanto memikirkan usulan Ibu Fitri yg semalem buat jalan2 ke Tandjong Pandan dan sekitarnya dari pagi. Ya sudah, selesai sarapan aku buru2 mandi, habis itu sekalian packing buat pulang, krn takutnya nggak keburu lagi setelah dr Tj. Pandan.

Jam 9.30 kita semua kumpul di lobi n berangkat dengan 2 mobil. Satu mobil dgn Pak sopir yg orang Belitong dan mobil yg kedua, kita pake mobilnya Pak Yanto dgn Mas Salman sbg sopirnya ;p

Tujuan pertama kita adalah Tj. Pendam, disana terdapat kapal keruk ke-3 (2 kapal lainnya ada di pulau Bangka) yg dipergunakan untuk menambang timah.

Kapal ini sudah tidak beroperasi lagi, yang terlihat sekarang hanyalah bangkai nya saja. Kita juga melihat beberapa orang yang sedang mengangkut potongan2 besi yang aku kira ini adalah hasil dr bangkai kapal yg nantinya dikiloin dan ditukar dgn duit.

Dari Tj. Pendam, kita menuju ke Museum Tj. Pandan.

Disini terdapat beberapa koleksi keramik buatan Cina dari beberapa dinasti yg aku nggak inget nama2nya. Ada juga replika kapal keruk, jenis2 buaya Belitong yg sudah diawetkan, senjata2 tradisional, replika adat pernikahan, replika tambang timah, replika pembangkit listrik pada jamannya PN Timah berjaya dan juga jenis2 batu2an n logam2 mineral yang ditemukan di sekitar wilayah Belitong.

(ini tampak depan bangunan museum dan prasasti yg bertuliskan beberapa nama orang Belanda)

Ini adalah foto DR. S. ORBERGER
Beliau merupakan tokoh pelopor berdirinya Museum.

Yang ini adalah foto Rumah Sakit Tj. Pandan pada tahun 1862 - 1912.

Dari Museum kita ke Jl. Veteran Tj. Pandan.
Disini kita diajak ke salah satu toko yg menjual batu SATAM atau batu Meteor khas Belitong. Batu2 ini berwarna Hitam dan terdapat ukiran2 secara alami (maaf aku juga nggak sempet foto batu2 ini). Ada yg dijadiin batu cincin dan ada juga yg di iket n di pake sebagai liontin.
Di toko ini juga menjual beberapa keramik2 yg sudah berumur ratusan tahun, yang sebetulnya siy nggak boleh dijual karena ini merupakan aset negara.

Selesai belanja Batu Satam n Keramik2 Kuno, kita menuju ke toko yg menjual ole2 khas Belitong. Ada Kerupuk yg terbuat dari Udang, Ikan, Cumi ada juga terasi dan abon Ikan (sambel lingkung). Aku cuma membeli beberapa bungkus keupuk ikan dan cumi buat ole2 temen2 kos n temen kantor.

Selesai belanja ole2, kita pun kembali ke hotel untuk makan siang dan siap2 untuk ke bandara.
Tanpa menunggu semua teman2 kumpul di meja makan, kita sudah langsung menyantap makanan yg sudah ada, satu karena bawaan laper habis belanja n yg kedua ikan bakarnya sungguh menggoda selera ;p

Kira2 jam 2 siang, kita langsung menuju ke Bandara dan ini adalah saat nya meninggalkan Belitong...........

Klo ada kesempatan aku pengen kembali lagi ke Belitong.......

What an Amazing Journey with amazing friends.............